Jumat, 07 Mei 2010

Budaya Sunda dan Bambu



Bambu yang merupakan jenis rumput-rumputan ini tidak dapat dipisahkan dari kehidupan budaya Sunda. Bahkan bisa dibilang budaya Sunda adalah budaya bambu, hal ini dapat dilihat dari rumah tradisional (bilik), perkakas rumah tangga, alat musik hingga filosofi Sunda yang berasal dari Bambu.

Bambu mudah ditanam di mana saja dan tidak memerlukan perawatan yang sulit. Mempunyai ketahanan yang luar biasa dan kekuatan tariknya dapat bersaing dengan Baja. Rumpun bambu yang telah dibakar, masih dapat tumbuh lagi. Selain itu bambu mempunyai kelenturan yang tinggi ditambah dengan sifat bambu yang elastis, struktur bambu mempunyai ketahanan yang tinggi terhadap angin maupun gempa.

The lawn grass Bamboo can not be separated from Sundanese Culture. We can Say Sundanese Culture is Bamboo Culture, it can be seen from the traditional housing, household tools, music instruments and their philosophy that came from Bamboo.

Bamboo is very easy to grow, anytime and everywhere with little maintenance, It has amazing endurance and it tensile strength compareable with steel. Burned bamboo grove still able to grow. Beside those things Bamboo has high flexibility and elasticity, and also high endurance toward wind an earthquake.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar